rss

Sabtu, 09 Juli 2011

SISTEM PONDOK PESANTREN

     Penulis : Ahmad Fatahillah, S.Pd.I

    pondok pesantren didalamnya sistem yang berjalan sebenarnya tidak ada aturan baku sebagaimana sistem yang berjalan di pendidikan formal. Hal ini karena mengingat bahwa pondok pesantren secara historis dan turun temurun digagas oleh para ulama’ yang berprinsip dan berlandaskan kuat pada Ajaran islam yakni Al-Quran, Hadist, Ijma’ dan Qiyas. Dan dengan gaya hidup seperti itu, sangat jarang dalam catatan sejarah yang menggagas sistem pesantren secara formal dan baku, karena mereka semua telah menggunakan sistem ala Al-Quran, hadist, ijma dan qiyas.
Pada sisi lain, sistem yang dijalankan di pondok pesantren berkaitan dengan adalah islam. Karena pada hakikatnya islam sendiri sudah merupakan sistem yang kuat yang tidak usah diutak-atik lagi dan sudah baku dari Allah SWT.
Sitem terdapat dua hal yaitu sistem formalitas dan sistem esensial non-formalitas. Sistem formalitas adalah sistem yang biasanya tertulis dan bersifat baku untuk dilaksanakan oleh semua anggota atau orang-orang yang ada di dalamnya. Jika melanggar sistem ini akan mendapatkan sangsi yang telah disepakati atau sesuai kebijakan tertentu. Misalnya Undang-undang pemerintah, lembaga, instansi perusahaan dan lain sebagainya.
Sedangkan sistem esensial atau non-formalitas adalah sistem yang biasanya tidak tertulis secara baku, namun telah dilaksanakan berdasarkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi. Sistem yang kedua ini umumnya mengambil prinsip-prinsip ajaran secara luas dari dalam Al-Quran, Hadist, dan nilai-nilai kemuliaan yang telah tertanam kuat dalam masyarakat. Bentuk sistem yang kedua inilah yang biasanya digunakan di dalam pondok pesantren.
Akan tetapi, di saat ini sebagian besar pondok pesantren telah banyak mengalami perubahan sistem mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan umat, biasanya dikenal dengan pondok pesantren modern. Perubahan sistem dalam arti tidak melencengan dari sistem pada saat munculnya pondok pesantren, tetapi lebih menekankan pada teknis, artinya tetap menggunakan sistem esensial namun tertulis. Dimana didalamnya telah menggunakan sistem tertulis dan baku untuk lembaga pondok pesantren itu, namun sistem yang digunakan ini tidak lepas dari sistem pokok esensial dari dalam Al-Quran, Hadist dan nilai-nilai luhur umat.

Moga Bermanfaat. Kirimkan kritik dan saran yang sangat membangun. terimakasih 




0 comments:


Poskan Komentar

SELAMAT DATANG

Salam semua pengunjung di blog kami. Blog ini khusus memuat artikel yang berbasis sains, psikologi, filsafat, tasawuf, agama dan pendidikan, serta kombinasi dari ketujuhnya. Dan semua disusun atas pemikiran pribadi dari beberapa sumber yang terpercaya dan patut untuk dirilis ulang serta dikembangkan untuk kemajuan bersama, dan dalam blog ini 90 % karya pribadi. Bagi teman-teman yang ingin berbagi tulisan artikel, yang bernafaskan basic di atas, bisa dikirimkan lewat e-mail ini tujuh.rahasia@gmail.com dan saya banyak mengucapkan terimakasih kepada anda... Cukup sekian, Akhir kata Selamat membaca...Sukses. Semoga bermanfaat
Alam Bertasbih Slideshow: Ahmad’s trip to Surabaya, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

Follow by Email

SUMBANGKAN DANA Rp 300 HANYA DENGAN KLIK IKLAN-IKLAN INI

Ada kesalahan di dalam gadget ini