rss

Senin, 04 April 2011

Bagaimana cara mengeksplorasi potensi yang ada dalam diri ?

DOWNLOAD DI SINI

Telah kita ketahui bahwa potensi manusia terletak pada otak pikirannya. Karena hal tersebut didapat dari data-data ilmiah yang betul-betul membuktikan bahwa otak pikiran manusia menyimpan kekuatan yang besar yang bisa dieksplorasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan hidup, seperti kesejahteraan, kebahagiaan, kedaimaian, kekayaan, mewujudkan impian atau cita-cita dan lain sebagainya. Berdasarkan hal ini, dari kalangan ilmuan yang telah menemukan bukti-bukti kekuatan yang trsimpan dalam otak pikiran telah memberikan tips-tips guna untuk mengeksplorsi sekaligus meningkatkan kemampuan otak pikiran secara optimal atau paling tidak kita dapat memfungsikannya lebih dari biasanya.

Perkara yang amat penting sebelum memahami cara-cara untuk meningkatkan kemampuan pikiran kita adalah kita harus memahami terlebih dahulu bahwa otak pikiran kita terbagi menjadi dua bagian yang teramat penting untuk dipahami yaitu; pikiran sadar dan pikiran bawah sadar atau super sadar. Pikiran sadar (consciuous mind) adalah pikiran sadar kita yang mengelola aktivitas sadar seperti berbicara, menghitung, menganalisa, logika, mengurutkan, sistematis, membaca, dan menulis. Dalam kaitannya dengan ini bagian otak kirilah yang amat berperan dalam mengambil perannya, dan menurut para ilmuan kapasitas yang digunakan sekitar 5-10 % dari kemampuan sesungguhnya yaitu 100 %. Sedangkan sisanya yang 90 % akan diambil peranan pikiran bawah sadar. Oleh sebab itu, pada dasarnya pikiran kita selama ini yang kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari hanyalah berkutat sekitar 5 -10% saja sedangkan sisinya sering kita abaikan. 
Sedangkan yang kedua adalah pikiran bawah sadar (subconscious mind), pikiran bawah sadar ini biasanya seseorang menggunakannya di saat merenung amat dalam, berdzikir, kontemplasi, bervisualisasi, melukis dengan penuh konsentrasi, bermain musik sampai berlarut-larut. Dan bagian yang berperan mengaktifkan pikiran bawah sadar adalah otak bagian kanan kita. Dimana secara fungsional otak kanan mengatur kreativitas, bermain musik, mengonsep, menggambar, bervisualisasi, berirama, melodi dan bermimpi, semuanya itu diambil peran oleh otak kanan. Akan tetapi pada dasaranya pula, peranannya itu juga dibantu oleh otak kiri sebagai penerjemah dan penyalur ke dunia luar. Seperti menyanyi , bermain musik, menggambar, mengonsep dll. Nah, ketika seseorang bernyanyi misalnya, maka yang mencari ide-ide kreatif adalah otak kanannya dengan mencari data-data memori yang terkait, dan ketika lagu itu mau diucapkan maka peranan otak kirilah yang kemudian menerjemahkan ide-idenya itu lewat bagian yang ada di otak kiri, khusunya di bagian yang mengatur komunikasi dan berbicara, dan kemudian diteruskan lewat lidah dan mulut. Sedangkan Otak kanan hanya sebagai sumber inspirasinya saja. Jadi pada dasarnya otak kiri dan kanan saling berkerjasama dan berkolaborasi satu sama lain.

Beberapa hal yang berkaitan dengan pikiran bawah sadar manusia
Pikiran bawah sadar manusia memiliki kelebihan yang menajubkan diantaranya ialah:
Pikiran bawah sadar menyimpan memori jangka panjang
Kembali ke pembahasan pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar manusia sebenarnya tidak hanya mengatur masalah-maslah itu saja melainkan peranannya juga lebih luas yaitu mengendalikan aktifitas organ-organ tubuh yang tanpa kita minta telah bekerja secara otomatis seperti gerak jantung, pernafasan, sistem ekresi, gerak reflek dll. Bahkan lebih jauh dari itu, pikiran bawah sadar kitalah yang menyimpan memori jangka panjang dari seluruh pengalaman yang kita alami dari baru lahir hingga detik ini. Jadi apa yang selama ini kita lihat, kita dengar, dan rasakan, adalah masuk ke dalam alam pikiran bawah sadar kita.  Dan itu selamanya akan tersimpan rapi (dalam memori bawah sadar) selama tidak ada pengaruh dari luar yang amat kuat seperti gagarotak sampai menyebabkan amnesia, tapi itu saja masih banyak yang diingat seperti nama warna, dan nama-nama benda. Namun yang biasanya dilupkan hanyalah nama orang, alamatnya dan dirinya sendiri.
                Pikiran bawah sadar menyimpan potensi yang amat besar
 Pikiran bawah sadar adalah pikiran yang masih menyimpan potensi kita sebasar kurang lebih 88 – 95 % (sisanya dipakai pikiran sadar 5-12%). Ini bisa diibaratkan seperti gunung es yang terendam dalam lautan. Dimana bagian gunung yang terlihat sedikit di permukaan adalah pikiran sadar kita sedangkan bagian sisanya gunung yang masih besar dan berada di bawah laut adalah pikiran bawah sadar kita. Seperti itulah perumpamaannya. Jadi pada dasarnya kita ini mempunyai potensi yang begitu besar yang masih terendam di kedalaman diri kita, dan selama ini yang kita munculkan keluar hanyalah pikiran sadar kita yang sedikit kadarnya. Kesimpulannya, jika kita dapat mengeksplorasi pikiran bawah sadar kita yang masih tersimpan dan terendam dalam diri kita itu keluar maka kita akan banyak mengambil manfaat yang tiada terkira. Karena di sana terdapat perbendaharaan yang sangat banyak dan tidak ternilai harganya berupa potensi-potensi yang dahsyat.
Pikiran bawah sadar berhubungan dengan alam semesta
Mengenai pkiran bawah sadar, sebanarnya banyak sekali hal yang harus kita ketahui sebelum beranjak ke cara-cara mengaktifkan dan mengeksplorasinya keluar. Di samping sudah kita bahas di atas selain itu, pikiran bawah sadar kita dapat berhubungan dengan alam semesta secara langsung. Ini di sebut sebagai pikiran universal atau medan morfogenetik. Hal ini dikarnakan pada dasarnya pikiran kita dan segala aktifitasnya selalu memancarkan energi keluar, berupa gelombang energi elektromagnetik. Dan gelombang energi elektromagnetik yang dihasilakan dari pikiran kita ini akan ditangkap oleh energi yang ada di alam semesta. Dan dari alam semesta akan dikembalikan kepada diri kita sendiri berupa umpan balik (feed back), nah, jika gelombang energi yang kita pancarkan keluar adalah energi positif maka umpan balik yang kita terima juga baik dan bahkan tidak jarang yang lebih besar jenis kebaikan yang kita terima. Begitupula jika kita memancarkan energi negatif, maka alam semesta akan mengkapnya dan akan mengembalikan kepada kita berupa umpan balik yang negatif pula. Contohnya jika ada diantara kita yang berbuat kebaikan dengan tulus, maka kita akan mendapatkan kebaikan pula dari orang lain atau apa saja yang nilainya baik datang kepada diri kita. Ini tandanya kita telah memancarkan energi berupa gelombang elektromagnetik positif ke alam semesta dan alam semesta akan menangkapnya serta meresponnya, yang akhirnya akan memberikan umpan balik yang positif pula kepada kita berupa kebaikan-kebaikan yang kita dapatkan baik dengan sengaja maupun tidak. Ini adalah mekanisme hukum sunnatullah yang telah ditetapkan Allah SWT dalam mengatur seluruh makhluk-Nya.
Pikiran bawah sadar dapat mewujudkan keajaiban-keajaiban atau kebetulan-kebetulan
Pikiran bawah sadar kita ternyata memiliki kemampuan yang sangat hebat. Sebgaimana yang dijelaskan di atas, pikiran bawah sadar menyimpan potensi yang banyak dan dahsyat serta berhubungan dengan alam semesta. Dari sini apabila kita berfikir dengan kuat atau berafirmasi dan bervisualisasi dengan penuh keyakinan (penjelasan mengenai ini akan di bahas di bawah) maka pikiran kita itu akan masuk ke wilayah bawah sadar dan dari sini di pancarkan ke alam semesta. Kemudian dari alam semesta akan menggerakkan seluruh komponen yang ada di alam ini untuk membentuk dan mewujudkan (dengan caranya sendiri) yang kita pikirkan, afirmasikan dan visualisasikan dengan penuh keyakinan. Akhirnya, terlihatlah keajaiban-keajaiban yang datang secara tiba-tiba yang prosesnya unik dan sering di luar dugaan kita. Misalnya kita berfikir atau mempunyai cita-cita ingin menjadi seorang wirausaha yang handal dan keinginan ini betul-betul kuat di dalam diri kita, yang berikutnya di afirmasikan dan divisualisasikan impian atau cita-cita kita itu dengan penuh keyakinan, maka yang terjadi adalah ketika sudah masuk kuat ke dalam alam bawah sadar akan lebih cepat terealisasi (terwujud) dengan cara yang agak unik di luar dugaan seperti datangnya kebetulan-kebetulan yang amat berkaitan dengan yang menjadi harapan atau impian kita itu, misalnya, tiba-tiba ada orang yang menawari kita usaha, atau tiba-tiba secara tidak sengaja kita membaca koran dan menemukan, tanpa kita minta, lowongan pekerjaan yang cocok dengan keahlian kita. Atau mungkin....masih banyak lagi kemungkinan-kemungkinan yang akan datang di hadapan kita jika betul-betul percaya akan kemampuan pikiran bawah sadar kita yang hebat. Perhatian !!! ini akan sangat membantu usaha-usaha kita jika sulit mencari pekerjaan atau ingin mewujudkan impian yang kita dambakan.
Inilah juga yang sering dikatakan bahwasannya pikiran dan realita sering terpadu. Akan tetapi, perlu dicatat, yaitu proses terjadinya keajaiban-keajaiban itu atau kebetulan-kebtulan tidaklah sama setiap orang, ada yang cepat ada juga yang agak lama, tergantung keyakinan yang tertanam dalam jiwa orang tersebut. Tak jarang yang setelah mengafirmasikan dan mengvisualisasikan mengalami apa yang diinginkan, dan tak jarang pula menuggu waktu lama. Ini semua, di samping faktor keyakinan, juga faktor kebersihan jiwa kita. Apabila jiwa kita bersih tidak pernah melakukan kejelekan atau hal negatif maka akan semakin cepat. Insyaallah.
Pada dasarnya, cita-cita, afirmasi dan visualisasi kuat yang kita laksanakan adalah bentuk permohonan kita kepada Allah SWT atau do’a dalam bentuk lain. Oleh karna itu, jika di saat melakukan teknik ini harus kita niatkan berdoa kepada Allah SWT. 

0 comments:


Posting Komentar

SELAMAT DATANG

Salam semua pengunjung di blog kami. Blog ini khusus memuat artikel yang berbasis sains, psikologi, filsafat, tasawuf, agama dan pendidikan, serta kombinasi dari ketujuhnya. Dan semua disusun atas pemikiran pribadi dari beberapa sumber yang terpercaya dan patut untuk dirilis ulang serta dikembangkan untuk kemajuan bersama, dan dalam blog ini 90 % karya pribadi. Bagi teman-teman yang ingin berbagi tulisan artikel, yang bernafaskan basic di atas, bisa dikirimkan lewat e-mail ini tujuh.rahasia@gmail.com dan saya banyak mengucapkan terimakasih kepada anda... Cukup sekian, Akhir kata Selamat membaca...Sukses. Semoga bermanfaat
Alam Bertasbih Slideshow: Ahmad’s trip to Surabaya, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.


SUMBANGKAN DANA Rp 300 HANYA DENGAN KLIK IKLAN-IKLAN INI