rss

Senin, 11 April 2011

PSIKOLOGI KAYA. Bag. 2 BERSYUKUR ; REALITAS KAYA YG TIDAK DAPAT DIPUNGKIRI


Meminjam kata-katanya Agus mustofa dalam Membongkar Tiga Rahasia, “mendownload dengan syukur” dan kalimatnya Mario Teguh “bukan kebahagiaan yang membuat kita bersyukur melainkan bersyukur yang membuat kita bahagia”. Adalah dua “ide” cemerlang yang sangat mencerahkan dalam alam pikiran saya (Ahmad Fatahillah) untuk berkarya dengan judul di atas (psikologi kaya). Syukur bagi saya adalah sebuah realitas untuk mencapai kekayaan terutama kekayaan jiwa dan spritual dan sebagai dampaknya akan mengimbas pada kekayaan lahiriah yang biasanya dicirikan dengan banyak harta benda yang melimpah. 

Bersyukur sangat erat kaitannya dengan alam persepsi kita, di sini perannya adalah mengombinasikan berfikir positif terhadap semua nikmat atau apa saja yang telah kita peroleh dengan perasaan dan prasangka yang positif. Dengan jalan bersyukur merupakan kekuatan jiwa yang sangat berguna untuk meresonansi segala macam realitas positif yang lebih tinggi untuk didownload dalam kehidupan kita, dengan begitu maka rasa bahagia akan muncul secara tiba-tiba.
Namun, lebih dari itu juga. Sebenarnya bersyukur bukan sekedar ucapan terimakasih dalam hati atau lisan, melainkan lebih esensial dari pada itu, bersyukur melibatkan perasaan yang dalam, perkataan lisan yang tulus dan amaliah nyata guna mensyukuri nikmat itu di jalan kebaikan atau sesuai dengan jalan yang dikehendaki Allah SWT. Dengan cara ini, sebenarnya agama telah memberikan cara terbaik dan sangat efektif untuk mendobrak kekuatan alam bawah sadar untuk mendownload nikmat-nikmat yang telah disediakan Allah SWT yang lebih tinggi kualitasnya.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrahim :7)

Studi kasus yang saya kaji dari orang-orang sukses dalam berkarir, kaya, hartanya melimpah, ternyata di dalam hidupnya penuh dengan bersyukur, yakni selalu mengucapkan terimakasih, berusaha lebih giat optimal dan menghargai setiap hasil yang diperolehnya sekecil apapun. Serta selalu menyertai usahanya dengan banyak beramal kebaikan atau mendermakan hartanya untuk sosial dan agama. Tak jarang mereka itu bisa kaya dalam waktu yang relatif singkat. Singkat kata bersyukurlah maka engkau akan kaya.
Secara religius, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa hakikat kaya adalah kaya hati, bukan kaya harta dan kedudukan. Kaya hati merupakan sebuah simbolis kekayaan yang tidak terbatas jika dibandingkan dengan kekayaan materi karena ia sifatnya immateri (tak terlihat). Akan tetapi ada satu yang sangat unik yakni kekayaan yang sifatnya immateri (bersyukur) ini ternyata dapat mewujud menjadi materi berupa harta melimpah atau bahkan kedudukan. Seperti perkataan Mario Teguh yang dirilis dari sebuah hadist Nabi SAW, orang miskin yang bersyukur adalah penyimpan kekayaan yang tidak diketahui orang.
Kaya hati dengan penuh bersyukur ini jika dilihat dari kaca mata psikologis ternyata memiliki sikap hidup yang penuh dimensi keuletan, kerajinan, usaha optimal, menghargai hasil meski sekecil apapun, dan meningkatkan penghasilan yang terus menerus yang diserap dari seluruh segmen usaha. Ada faktor tambah (nilai plus), faktor kali, berpikir optimis dll.


0 comments:


Posting Komentar

SELAMAT DATANG

Salam semua pengunjung di blog kami. Blog ini khusus memuat artikel yang berbasis sains, psikologi, filsafat, tasawuf, agama dan pendidikan, serta kombinasi dari ketujuhnya. Dan semua disusun atas pemikiran pribadi dari beberapa sumber yang terpercaya dan patut untuk dirilis ulang serta dikembangkan untuk kemajuan bersama, dan dalam blog ini 90 % karya pribadi. Bagi teman-teman yang ingin berbagi tulisan artikel, yang bernafaskan basic di atas, bisa dikirimkan lewat e-mail ini tujuh.rahasia@gmail.com dan saya banyak mengucapkan terimakasih kepada anda... Cukup sekian, Akhir kata Selamat membaca...Sukses. Semoga bermanfaat
Alam Bertasbih Slideshow: Ahmad’s trip to Surabaya, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

Follow by Email

SUMBANGKAN DANA Rp 300 HANYA DENGAN KLIK IKLAN-IKLAN INI